Selasa, 24 April 2012

Analisi film im not stupid


I’m not stupid
Film ini bercerita tentang tiga orang anak yang memiliki hubungan buruk dengan orangtuanya. Tom Yeo 15 tahun dan JErry Yeo adiknya berumur 8 .Mereka tak pernah di beri kesempatan untuk mengutarakan pikirannya, setiap hari, mereka diberi petuah yang bertubi-tubi dan tak diperbolehkan untuk menanggapi ataupun membela diri. Jika anaknya ingin bertanya sesuatu pada ibunya harus menempelkan note di pintu kulkas, dan dijawab ibunya dengan note pula.
            Ada pula seorang anak bernama Chengcai ayahnya seorang mantan pegulat yang menderita cacat di kakinya karena pekerjaannya di masa lalu. Padahal anak tersebut sangat menyukai bruce lee dan bela diri, namun ayahnya melarang karena ia tak mau anaknya bernasib sama seperti dirinya, ayahnya tersebut pun mendidiknya dengan pukulan, tamparan, teriakan, dan hujatan, sehingga anaknya tersebut tumbuh menjadi anak yang pemberontak dan suka berkelahi.
Chengcai dan Tom YEo teman sekelas, dimana mereka berdua saling tolong menolong, karena merasa kekurangan kasih sayang dan tak pernah mendapatkan ketentraman di rumah, Chengcai dan Tom akhirnya bergabung dengan komplotan para preman.
Jerry adiknya Tom terpilih sebagai pemeran utama dalam drama yang diadakan di sekoloahnya dan disanalah keluarga pada datang untuk menyaksikan pementasan drama tersebut, akan tetapi kedua orang tua jerry tak memperdulikan pementasan drama tersebut. Jerry sangat iri terhadap temannya yang dapat menghadirkan seluruh anggota keluaraganya padahal peranananya tersebut hanya sebagai bunga. Jerry pun melakukan berbagai cara untuk dapat menghadirkan kedua orangtuanya dalam drama sekolah. bahkan ia sampai mencuri uang di kantin sekolah. orangtua Jerry dipanggil pihak sekolah untuk menindaklanjuti hal tersebut. Pulang kerumah mereka langsung memarahi Jerry dan memukul tangannya dengan penggaris, tak peduli Jerry menangis kesakitan. Sang ibu pun hanya memandanginya. Jerry pun berkata pada kedua orang tuanya “aku..hanya ingin membeli waktu ayah satu jam saja untuk menghadiri pentas dramaku.” Kata Jerry sambil menangis.
Sementara itu Tom dan Chengcai sedang di kejar-kejar massa karena perbuatan mereka yang menjambret kalung padahal mereka bermaksud baik mengembalikan kalung tersebut kepada pemiliknya karena mereka menyadari perbuatan mereka itu slah. Namun mereka malah di kejar-kejar untuk di pukuli. sedangkan di sisi lain, Chengcai berlari menghindari orang-orang yang mengejarnya namun ia  tertangkap dan ia pun dipukuli.
Lalu ayah Chengcai yang sedang berdiri di pinggir jalan melihatnya, ia segera berlari menolong anaknya. Dia membiarkan dirinya dipukuli asalkan Chengcai selamat, Chengcai menatap ayahnya yang di pukuli. Tiba-tiba ayahnya terjatuh dari atas tangga dan kepalanya terbentur ubin dngan sangat keras. Chengcai terkejut,ia segera tersungkur didepan ayahnya yang bersimbah darah.orang-orang yang tadi mengejar dan memukuli Chengcai berkata bahwa mereka tak bermaksud melakukan hal itu.Chengcai tak menjawab,ia terus memanggil ayahnya yang diam tak bergerak.
Chengcai pergi kerumah sakit dan menadapati ayahnya telah siuman, melihat Chengcai mengenakan seragam sekolah ayahnya meras senang. apalagi saat Chengcai berkata bahwa kepala sekolah telah membrinya kesempatan, ayah Chengcai meminta untuk bertemu dengan kepala sekolah untuk mengucapkan terima kasih. TIba-tiba ayah Chengcai tersengal-sengal, Chengcai berteriak memanggil dokter.Chengcai berlari ke sekolah untuk meminta kepala sekolah datang kerumah sakit untuk menemui ayahnya. Akhirnya ayahnya meninggal.
Semenjak itu keadaan menjadi brubah,ayah dan ibu Tom lebih pduli kepada Tom dan adiknya, ibu Tom mengundurkan diri dari perusahaannya. mereka jauh lebih perhatian pada anak-anaknya. Chengcai diterima kembali di sekolah dan ia berlath keras menjadi atlit bela diri sehingga ia berhasil menjadi atlit beladiri internasional. semua demi memenuhi pesan terakhir ayahnya.
Film ini sangat bagus, karena tema yang umum namun digarap dengan sangat rapih sehingga asyik untuk disimak. benar-benar sindiran terhadap kondisi keluarga modern saat ini. dan juga sindiran kepada dunia pendidikan yang terlalu terpaku pada aturan sehingga tidak efektif dalam pengajaran.
Dalam film tersebut diceritakan bahwa orangtua jerry, Tom, dan Changcai harus menuruti perintah orangtua. Tanpa memperdulikan bakat yang dimiliki oleh mereka. Terutama changcai, sering mendapat tindakan kekerasan ketika dia melawan ayahnya.
Dengan demikian dapat nampak bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Jerry dan Tom ataupun orang tua Chengcai otoriter. Dimana anak tidak boleh memberikan pendapatnya dan harus patuh dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang tua. Hal ini akan mmbuat anak menjadi penakut atau bahkan membangkang karena dilarang. Begitupun yang terjadi pada Tom dan Changcai mereka bukan hanya membangkang pada orangtuanya akan tetapi juga pada guru disekolahnya.
Pada remajapun Pengawasan orang tua akan menjadi sangat penting untuk anak yang berada di kawasan beresiko tinggi, untuk menghindari anak laki-lakinya terpengaruh dengan lingkungannya. Sedangkan kedua orangtua Tom tidak mengawasinya, hanya memberikan nasehat tanpa mengawasi Tom dan sibuk pada pekerjaannya. Hingga akhirnya Tom masuk gang preman.
Pola asuh yang diterapkan oleh ayah Changcai sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Hoff,Laursen dan Tardif pada buku remaja edisi11 jilid 2john W. santrock bahwa orang tua yang memiliki social rendah lebih mengusahakan agar anak-anaknya menyesuaikan diri pada ekspektasi social dan cenderung melakukan hukuman fisik ketika ada masalah. Dan inipun yang dilakukan oleh ayah Changcai. Ayah Changcai memberikan pukulan ketika Changcai melakukan kesalahan.
Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Tom pun tidak sesuai dengan teori yang diungkapkan oleh Hoff,Laursen dan Tardif pada buku remaja edisi11 jilid 2john W. santrock bahwa orang tua yang memiliki social ekonomi lebih tinggi lebih mengusakan agar anak-anaknya mengembangkan inisiatif, anak-anak sebagai partisipan, mendiskusikan aturan-aturan secara bersama, dan tidak menggunakan hukuman fisik ketika ada masalah. memang tidak menggunakan kekerasan Fisik tapi orang tua Tom tidak mengajak Tom atau Jerry untuk menentukan pilihan mereka atau mendiskusikan permasalahan yang sedang dihadapi akan tetapi langsung memarahi tanpa mereka boleh berbicara.

1 komentar: